Pro Player Indonesia

Selain untuk menyalurkan hobi, esports juga menjadi ladang untuk meraup pundi-pundi rupiah, terutama bagi para pemain Pro Player Indonesia yang menekuni olahraga elektronik ini.

Pertumbuhan skena esports juga semakin menjanjikan dengan digelarnya berbagai turnamen, baik untuk pemain amatir maupun untuk pemain profesional.

Baca Juga: 8 Kesalahan Umum Saat Bermain Di Situs Judi Qq Online Terpercaya

Meski terbilang baru di Indonesia, nyatanya industri esports Tanah Air sudah banyak melahirkan nama-nama atlet yang semakin naik daun dan sukses.

Nah, kali ini Jaka bakal mengulas 7 pro player Indonesia dengan penghasilan tertinggi berdasarkan data esportsearnings.com per25 juli 2021. Simak, yuk!

Kenny “Xepher” Deo

Pro Player Indonesia

Kenny “Xepher” Deo adalah salah satu Pro Player Indonesia Dota 2 terbaik dunia asal Indonesia. Pro player ini sudah menghasilkan segudang prestasi dengan prizepool melimpah.

Ia sempat bermain di tim asal Malaysia, yakni Tigers. Tapi pada April 2019, ia tidak lagi membela tim tersebut. Saat ini, Kenny tergabung dalam tim T1 asal Korea.

Setelah disalip oleh Kevin “xccurate” Susanto, Xepher berhak menempati peringkat ketujuh dengan mengantongi hadiah sebesar 78.683 dolar AS atau sekitar Rp1,1 miliar.

Hadiah terbesar didapat setelah Xepher memenangi Dreamleague Season 10 bersama tim Tigers pada tahun 2019. Saat itu, ia meraup hadiah senilai 25.000 dolar AS.

Kevin “xccurate” Susanto

Pro Player Indonesia

Tidak jauh beda dengan Xepher, Kevin “xccurate” Pro Player Indonesia Susanto berhasil menempati posisi keenam dengan pendapatan mencapai 79.313 dolar ASatau sekitar Rp1,11 miliar.

xccurate adalah seorang pemain Counter Strike (CS:GO) dari tim NG Esports. Di usia 23 tahun, ia sudah mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari 45 turnamen.

Berawal dari sekedar hobi bermain game FPS terbaik ini, xccurate justru tumbuh menjadi salah satu atlet profesional CS:GO papan atas dunia.

Tekad dan keseriusannya jelas berbuah manis. Beragam gelar baik nasional maupun internasional berhasil direngkuh Kevin di usia yang relatif masih muda.

Nizar “Microboy” Lugatio

Pro Player Indonesia

Di posisi kelima Pro Player Indonesia ada Nizar Lugatio Pratama yang terkenal dengan nama panggung Microboy. Ia adalah pro player PUBG Mobile yang baru saja bergabung dengan tim EVOS.

Saat ini, pro player kelahiran 19 Juni 2000 ini memiliki pendapatan sekitar 117.825 dolar AS atau setara Rp1,6 miliar. Angka tersebut ia dapatkan dari total 6 turnamen.

Prizepool terbesar berhasil ia kantongi setelah menjadi juara dunia pada turnamen PMCO Fall Split 2019 bersama tim terdahulunya, Bigetron Red Aliens.

Keputusannya untuk berpindah dari BTR RA ke EVOS pada awal Februari 2021 merupakan salah satu momen transfer pro player yang paling menggemparkan.

Muhammad “Ryzen” Albi

Pro Player Indonesia

Siapa yang tidak kenal Pro Player Indonesia dengan Muhammad “Ryzen” Albi? Para penggemar PUBG Mobile tentunya sudah tidak asing dengan pro player yang sempat satu tim dengan Microboy ini.

Sebagai salah satu tim esports Indonesia yang diakui dunia, Bigetron sudah sering melahirkan atlet berpotensi. Salah satunya adalah Ryzen dari divisi Red Aliens.

Dari total 9 turnamen bersama BTR RA dan 1 turnamen independen, Ryzen sudah bisa mengeruk penghasilan hingga 141.395 dolar AS atau setara Rp1,9 miliar.

Pro Player Indonesia berusia 19 tahun ini berhasil memperkuat BTR RA di PMCO Fall Split 2019 hingga menjadi juara dunia. Inilah saat ia berhasil mendapatkan hadiah terbesar.

Made Bagas “Zuxxy” Pramudita

Pro Player Indonesia

Masih dari Bigetron Red Aliens, Made Bagas “Zuxxy” Pramudita saat ini menempati posisi ketiga sebagai pro player Indonesia dengan penghasilan tertinggi.

Di usianya yang masih sangat muda, yakni 17 tahun, ia sukses mengantongi sekitar 145.248 dolar AS atau setara Rp2 miliar dari total 12 turnamen.

Pendapatan Zuxxy tidak hanya berasal dari turnamen. Salah satu pro player Indonesia dengan subscriber terbanyak ini juga aktif membagikan konten di channel YouTube Zuxxy Gaming.

Made Bagus “Luxxy” Prabaswara

Pro Player Indonesia

Saudara kembar dari Zuxxy, yakni Made Bagus “Luxxy” Prabaswara juga membela Bigetron Red Alien sejak 2018 dan membawa timnya menjadi juara dunia PUBG Mobile.

Saat ini, Pro Player Indonesia Luxxy menempati posisi kedua. Sama halnya Zuxxy, secara total Luxxy mengantongi USD145,248 atau setara Rp2 miliar.

Baik Zuxxy maupun Luxxy yang merupakan pro player kelahiran 31 Mei 2003 ini merupakan atlet esports di bawah umur pertama untuk PUBG Mobile. Salut banget!

Hansel “BnTeT” Ferdinand

Pro Player Indonesia

Salah satu pro player Indonesia yang mendunia tidak lepas dari nama Hansel Ferdinand alias BnTeT. Karirnya di dunia esports CS:GO sudah digeluti sejak 2016.

Setelah dilepas Gen.G asal Amerika Serikat pada akhir 2020, pemegang posisi rifler ini membuat kejutan besar dengan bergabung dalam EXTREMUM asal Rusia sejak Januari 2021.

Dari 59 turnamen yang pernah diikuti, atlet CS:GO terbaik Indonesia ini sukses mengumpulkan angka yang fantastis, yakni 168.758 dolar AS atau setara Rp2,3 miliar.

Prizepool terbesar ia raup setelah membawa tim Tyloo menjuarai StarLadder & ImbaTV Invitational Chongqing 2018. Dari ajang tersebut, ia mendapat 15.000 dolar AS.